Tugas Pokok dan Fungsi

 

KEPALA DINAS

TUGAS POKOK
Menyelenggarakan urusan di bidang koperasi, usaha kecil dan menengah, perdagangan dan perindustrian berdasarkan azas desentralisasi dan tugas pembantuan.

FUNGSI

  1. Perumusan kebijakan pelaksanaan tugas unit kerja;
  2. Pemberian pembinaan, bimbingan dan petunjuk teknis dalam organisasi;
  3. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi / lembaga lain yang berhubungan dengan tugas pokok unit kerja;
  4. Pengkoordinasian dan penyusunan program serta pengelolaan dan penyajian data;
  5. Pengelolaan dan pembinaan organisasi dan tatalaksana;
  6. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun program kegiatan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan;
  2. Mendistribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Memantau, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan serta memberikan penilaian prestasi kerja melalui DP3;
  4. Membuat konsep, mengoreksi, memaraf dan / atau menandatangani naskah dinas.
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Melaksanakan koordinasi kepada seluruh bidang serta menyiapkan bahan penyusunan program dinas;
  7. Melaksanakan koordinasi perencanaan dan perumusan kebijakan teknis di lingkungan dinas;
  8. Melaksanakan koordinasi pelaksanaan kegiatan dalam lingkungan dinas sehingga terwujud koordinasi, sinkronisasi dan integrasi pelaksanaan kegiatan;
  9. Mengkoordinasikan pelaksanaan, pengendalian, dan evaluasi penyusunan laporan akuntabilitas kinerja perangkat daerah;
  10. Mengkoordinasikan dan melaksanakan pengolahan dan penyajian data dan informasi;
  11. Melaksanakan dan mengkoordinasikan pelayanan ketatausahaan;
  12. Melaksanakan dan mengkoordinasikan pelayanan administrasi umum dan kepegawaian;
  13. Melaksanakan dan mengkoordinasikan pelayanan administrasi keuangan;
  14. Melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan pembinaan organisasi dan tatalaksana dalam lingkungan dinas;
  15. Melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan urusan rumah tangga dinas;
  16. Melaksanakan dan mengkoordinasikan kegiatan kehumasan;
  17. Melaksanakan dan mengkoordinasikan administrasi pengadaan, pemeliharaan dan penghapusan barang;
  18. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas sekretariat dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  19. Melaksakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

SEKRETARIAT

1. SEKRETARIS DINAS
TUGAS POKOK
Mengkoordinasikan kegiatan, memberikan pelayanan teknis dan administrasi urusan umum dan kepegawaian keuangan serta penyusunan program dalam lingkungan Dinas

FUNGSI

  1. Pengkoordinasian pelaksanaan kecgiatan
  2. Pengelolaan Urusan umum dan administrasi kepegawaian
  3. Pengelolaan Administrasi Keuangan
  4. Pengkoordinasian dan Penyusunan Program serta Pengelolaan dan Penyajian data
  5. Pengelolaan dan Pembinaan Organisasi dan tata laksana
  6. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan sekretariat sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepala bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan dengan lancar;
  3. Memantau, mangawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan serta memberikan penilaian prestasi kerja melalui DP3;
  4. Membuat konsep, mengoreksi, memaraf dan/atau menandatangani naskah dinas;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang dan tugasnya;
  6. Melaksanakan koordinasi kepada seluruh bidang serta menyiapkan bahan penyusunan program dinas;
  7. Melaksanakan koordinasi perencanaan dan perumusan kebijakan teknis di lingkungan dinas;
  8. Melaksanakan koordinasi pelaksanaan kegiatan dalam lingkungan dinas sehingga terwujud koordinasi, sinkronisasi dan integrasi pelaksanaan kegiatan;
  9. Mengkoordinasikan pelaksanaan, pengendalian, dan evaluasi penyusunan laporan akuntabilitas kinerja perangkat daerah;
  10. Mengkoordinasikan dan melaksanakan pengolahan dan penyajian data dan informasi;
  11. Melaksanakan dan mengkoordinasikan pelayanan ketatausahaan;
  12. Melaksanakan dan mengkoordinasikan pelayanan administrasi umum dan kepegawaian;
  13. Melaksanakan dan mengkoordinasikan pelayanan administrasi keuangan;
  14. Melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan pembinaan organisasi dan tatalaksana dalam lingkungan dinas.

2. SUBAG PROGRAM
TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Pembinaan, koordinasi, monitoring dan evaluasi program

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan sub bagian program sebagai pedoman dalam palaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan dengan lancar;
  3. Memantau, mangawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang yang telah dan belum dilaksanakan serta memberikan penilaian kerja melalui DP3;
  4. Membuat konsep, mengoreksi, dan memaraf naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang dan tugasnya;
  6. Mengkoordinasi. Menyiapkan bahan dan melakukan penyusunan perencanaan program dan anggaran;
  7. Menyiapkan bahan dan menyosialisasikan peraturan perundang-undangan petunjauk pelaksanaan dan petunjak teknis dibidang penyusunan program;
  8. Menyiapkan bahan, mengkoordinasi dan menyusun rencangan rencana strategi;
  9. Menyiapkan bahan dan menyusan dokuman pelaksanaan kegiatan dan anggaran;
  10. Menghimpun dan menyajikan data dan informasi program dan kegiatan dinas;
  11. Mengelola dan melakukan pengembangan sistem penyajian data berbasis teknologi informasi;
  12. Mengumpulkan bahan dan menyusun laporan kinerja dinas;
  13. Menyiapkan bahan dan melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kinerja;
  14. Mengumpulkan bahan dan menyusun laporan kegiatan tahunan;
  15. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas sub bagian program dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  16. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

3. SUBAG KEPEGAWAIAN DAN UMUM

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan sub bagian kepegawaian dan umum sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Memantau, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan serta memberikan penilaian prestasi kerja melalui DP3;
  4. Membuat konsep, mengoreksi dan memaraf naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Menyiapkan bahan, mengelola dan menghimpun daftar hadir pegawai;
  7. Menyiapkan bahan, dan mengelola administrasi surat tugas dan perjalanan dinas pegawai;
  8. Menyiapkan bahan, mengoordinasikan dan memfasilitasi kegiatan organisasi dan tata laksana;
  9. Menyiapkan bahan dan menyusun rencana formasi, informasi jabatan, dan bezetting pegawai;
  10. Menyiapkan bahan dan mengelola administrasi kepegawaian meliputi usul keneikan pangka, perpindahan, pensiun, penilaian palaksanaan pekerjaan, kenaikan gaji berkala, cuti, ijin, masa kerja, peralihan status, dan layanan administrasi kepegawaian lainnya;
  11. Menyiapkan bahan usulan pemberian tanda penghargaan dan tanda jasa pegawai negeri sipil;
  12. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan pembinaan, peningkatan kompetensi, disiplin dan kesejahteraan pegawai negeri sipil;
  13. Mengembangkan panarapan sistem informasi kepegawaian berbasis teknologi informasi;
  14. Menghimpun dan menyosialisasikan peraturan perundang-undangan dibadang kepegawaian;
  15. Melakukan pengklasifikasian surat menurut jenisnya;
  16. Melakukan administrasi dan pendistribusian surat masuk dan keluar;
  17. Menata dan melakukan pengarsipan naskah dinas dan pengelolaan perpustakaan;

BIDANG KOPERASI

1. KEPALA BIDANG KOPERASI

TUGAS POKOK

Menyelenggarakan Urusan di Bidang Koperasi menyiapkan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis kelembagaan Koperasi, bina usaha Koperasi dan simpan pinjam.

FUNGSI

  1. Penyiapan rencana dan program pembinaan dan pengembangan kegiatan kelembagaan koperasi, bina usaha koperasi dan simpan pinjam koperasi;
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan pembinaan kelembagaan koperasi bina usaha koperasi dan simpan pinjam koperasi;
  3. Pemantauan, penilain, Evaluasi,Pengendalian dan Pelaporan tentang masalah dan kegiatan kelembagaan koperasi bina usaha koperasi dan simpan pinjam koperasi;
  4. Pelaksanaan hubungan kerja di bidang koperasi dengan Instansi lembaga lain yang terkait;
  5. Pelaksanaan tugas lain di Bidang Koperasi yang di berikan oleh Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan.

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan bidang koperasi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehinggah pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Memantau,mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang prestasi kerja melalui DP3;
  4. Membuat konse, mengoreksi dan memaraf Naskah Dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. Mengikuti Rapat-Rapat sesuai dengan Bidang tugasnya;
  6. Menyusun juklak dan juklis dan surat edaran kegiatan pembinaan ;
  7. Melakukan sosialisasi juklak dan juklis pembinaan dan pengembangan koperasi;
  8. Mengumpulkan dokumen dan pemutakhiran data koperasi untuk menentukan sasaran prioritas pembinaan ;
  9. Mengatur dan fasilitas dukungan perkuatan kelembagaan, usaha dan permodalan simpan pinjam koperasi;
  10. Membentuk tim kerja pemantauan, penilaian dan pengendali, evaluasi masalah dan kegiatan koperasi ;
  11. Melakukan monitorin dan pelaporan hasil kegiatan pembinaan koperasi ;
  12. Memberi pelayanan konsultasi drngan masyarakat, koperasi dan umum yang memerlukan penjelasan tentang perkoperasian ;
  13. Membuat Surat / Naskah yang berkaitan dengan tugas bidang koperasi kepada pihak-pihak yang memerlukan atau berkepentingan.

2. SEKSI KELEMBAGAAN KOPERASI

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Mengumpulkan bahan kelembagaan koperasi, mengumpulkan bahan penyelenggaraan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan dan pengembangan kelembagaan koperasi, pendaftaran badan hukum, perubahan anggaran dasar dan pembubaran koperasi.

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi kelembagaan koperasi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Memantau, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan, serta memberikan penilaian prestasi kerja melalui DP3;
  4. Membuat konsep, mengoreksi dan memaraf naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Melaksanakan sosialisasi dan tata cara pembentukan, perubahan anggaran dasar dan pembubaran koperasi;
  7. Melaksanakan pendaftaran badan hukum koperasi, perubahan anggaran dasar koperasi dan pembubaran koperasi, badan hukum koperasi;
  8. Menyusun standarisasi akta pendirian, formulir, pengesahan pendirian perubahan anggaran dasar koperasi dan pembubaran koperasi;
  9. Melakukan koordinasi dalam rangka proses pengesahan, pendirian perubahan anggaran dasar dan pembubaran koperasi;
  10. Melaksanakan pembinaan, organisasi dan manajemen koperasi sesuai dengan kepentingan anggota dan usaha;
  11. Melaksanakan bimbingan teknis pengelolaan administrasi, administrasi usaha dan audit sesuai standar akuntansi koperasi yang berlaku;
  12. Melakukan penilaian klasifikasi koperasi apabila koperasi yang bersangkutan membutuhkan;
  13. Menyusun data keuangan koperasi kecamatan;
  14. Melakukan pemantauan, evaluasi dan monitoring kelembagaan koperasi;
  15. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas bidang kelembagaan koperasi dan memberikan saran, pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  16. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

3. SEKSI BINA USAHA KOPERASI

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Melaksanakan pengumpulan bahan penyelenggaraan penyususnan pedoman dan petunjuk teknis pembiinaan dan pengembangan usaha koperasi di sektor perdagangan industri, jasa dan aneka usaha.

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Bina Usaha Koperasi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan serta memberikan penilaian prestasi kerja melalui DP3;
  4. Membuat konsep, mengoreksi, memaraf dan atau menandatangani naskah dinas;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Mengidentifikasi Usaha Bina Koperasi meliputi industri pertanian, industri non-pertanian, perdagangan, jasa, dan aneka usaha;
  7. Melakukan bimbingan teknis pengelolaan usaha sesuai dengan jenis usaha atau komoditi atau usaha yang ditangani;
  8. Memberikan dukungan rekomendasi bagi koperasi yang potensial untuk pengembangan usahanya;
  9. Melakukan pemantauan, pengendalian, evaluasi dan monitoring pelaksanaan kegiatan pembinaan usaha;
  10. Mengumpulkan dan mengelola data usaha koperasi baik jenis maupun volume usahanya;
  11. Melaksanakan koordinasi dengan instansi/lembaga lain yang terkait dengan pembinaan usaha koperasi;
  12. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Bina Usaha Koperasi dan memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  13. Melakukan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

4. SEKSI SIMPAN PINJAM

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Melaksanakan pengumpulan bahan penyelenggaraan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan dan pengembangan simpan pinjam dengan pola konvensional dan syari’ah bagi KSP dan USP

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Simpan Pinjam sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Memantau, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan serta memberikan penilaianprestasi kerja melalui DP3;
  4. Membuat konsep, mengoreksi dan memaraf naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Mengumpulkan data penyusunan pedoman usaha simpan pinjam;
  7. Mensosialisasikan Perundang-undangan dan Peraturan Pemerintah di sektor permodalan KSP / USP;
  8. Membimbing teknis pengajuan proposal dan merekomendasikan pemberian bantuan perkuatan modal oleh Pemerintah kepada KSP / USP;
  9. Melakukan penilaian KSP / USP yang sehat setiap tahunnya;
  10. Melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis tentang Pedoman Pelaksanaan Program Pengembangan Tempat Praktek Keterampilan Usaha pada Lembaga Pendidikan di Pedesaan;
  11. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Simpan Pinjam dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  12. Melakukan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

BIDANG USAHA KECIL MENENGAH

1. KEPALA BIDANG UKM

TUGAS POKOK

Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pengembangan SDM, UKM, bina usaha mikro dan PKL, bina usaha kecil dan menengah

FUNGSI

  1. Penyiapan rencana dan program, perumusan dan penjabaran kebijakan di bidang produksi dan pengelolaan, pemasaran, sumber daya manusia, desain dan teknologi;
  2. Pengkoordinasian pembinaan dan pelaksanaan pembinaan UMKM pada instansi terkait ;
  3. Mengevaluasian pelaksanaan program pembinaan UMKM;
  4. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan bidang usaha kecil dan menengah (UKM) sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Memantau, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum di laksanakan serta memberikan penilaian prestasi kerja melalui DP3;
  4. Membuat konsep, mengoreksi dan memaraf naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. Mengikuti Rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Menyusun kebijakan teknis dalam pembinaan dan pemberdayaan usaha kecil dan menengah, pengembangan sumber daya manusia UKM, bina usaha mikro / PKL dan bina usaha kecil dan menengah;
  7. Melakukan koordinasi dan fasilitas di bidang usaha kecil dan menengah;
  8. Menyiapkan bahan dalam rangka promosi koperasi dan usaha kecil dan menengah;
  9. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas bidang usaha kecil dan menengah (UKM) dan memmberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang di perintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

2. SEKSI PENGEMBANGAN SDM UKM
TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Mempersiapkan dan penyusunan program pelatihan dan penyuluhan pengembangan SDM UKM

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan sub bagian program sebagai pedoman dalam palaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan dengan lancar;
  3. Memantau, mangawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang yang telah dan belum dilaksanakan serta memberikan penilaian kerja melalui DP3;
  4. Membuat konsep, mengoreksi, dan memaraf naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Menginventarisasi jenis kebutuhan pelatihan;
  7. Menyusun materi pelatihan dan penyuluhan;
  8. Mempersiapkan peserta;
  9. Menyelenggarakan pelatihan dan penyuluhan;
  10. Merekrut / mengutus peserta pelatihan;
  11. Mengidentifikasi tingkat pendidikan SDM, UKM;
  12. Membuat laporan pelaksanaan pelatihan secara periodik (laporan bulanan, triwulan,semester dan tahunan);
  13. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas seksi pengembangan SDM, UKM dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang di perintahkan oleh atasan sesuai badang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

3. SEKSI BINA USAHA MIKRO DAN PKL

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Menyiapkan dan menyusunan program pengembangan usaha mikro dan pedagan kaki lima.

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Bina Usaha Mikro / PKL sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Memantau, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan serta memberikan penilaian prestasi kerja melalui DP3;
  4. Membuat konsep, mengoreksi dan memaraf naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Menginventadisasikan usaha mikro/PKL;
  7. Membimbing dan membina usaha mikro/pedagangan kaki lima;
  8. Menyelenggarakan promosi produk usaha mikro;
  9. Memfasilitasi UMKM/PKL memperoleh perizinan;
  10. Memfasiltasi UMKM memperoleh permodalan / bantuan baik melalui lembaga keuangan/BUMN maupun dari instansi lembaga lainnya;
  11. Melakukan pembinaan dan bimbingan teknis pemberdayaan penumbuhan iklim usaha dan pemasaran bagi usaha mikro/PKL;
  12. Memfasilitasi pemberdayaan penumbuhan iklim usaha dan pemasaran usaha mikro;
  13. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas seksi bina usaha mikro / PKL memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  14. Melakukan tugas kedinasan lain yang di perintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

4. SEKSI BINA USAHA KECIL DAN MENENGAH

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Melakukan penyiapan bahan perumusan dan kebijaksanaan teknis, melakukan fasilitasi, pembinaan dan bimbingan pengembangan usaha kecil dan menengah

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi bina usaha kecil dan menengah sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Memantau, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksankan serta memberikan penilaian prestasi kerja melalui DP3;
  4. Membuat konsep, mengoreksi dan memaraf naskah dinas untuk menghidari kesalahan ;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Menginventarisasi jumlah usaha kecil dan menengah;
  7. Membimbing dan membina usaha kecil dan menengah;
  8. Memfasilitasi persyaratan perizinan;
  9. Memfasilitasi UKM memperoleh permodalan/bantuan baik melalui lembaga keuangan/BUMN maupun dari instansi lembaga lainnya;
  10. Melakukan pengumpulan dan pegolahan data dan informasi tentang usaha kecil dan menengah dalam rangka penyusunan pedoman dan bimbingan pengembangan usaha kecil dan menengah;
  11. Melakukan pembinaan dan bimbingan teknis dalam rangka pemberdayaan, penumbuhan iklim usaha dan pemasaran produk usaha kecil dan menengah;
  12. Mengikuti rapat- rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  13. Menyiapkan bahan penyusunan APBD, perubahan APBD dan perhitungan APBD dinas;
  14. Menyiapkan petunjuk dan pedoman dalam melaksanakan APBD dinas;
  15. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas sub bagian keuangan dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  16. Melakukan tugas kedinasan lain diperintahkan oleh atasan sasuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

BIDANG PERDAGANGAN

1. KEPALA BIDANG PERDAGANGAN
TUGAS POKOK
Melaksanakan kebijaksanaan pembinaan / pengembangan distribusi barang dan jasa, pembinaan/pengembangan usaha, sarana perdagangan, pemantapan pasar dalam negeri serta evaluasi pelaksanaan kebijaksanaan teknis di bidang perdagangan dalam negeri.

FUNGSI

  1. Pemberian bimbingan, menyangkut pendaftaran dan perizinan perusahaan, usaha dan sarana perdagangan;
  2. Pemberian bimbingan, menyangkut kegiatan ekspor dan impor;
  3. Pengevaluasian penyaluran barang dan jasa serta mempersiapkan kegiatan promosi;
  4. Pengawasan kemetrologian dan perlindungan konsumen;
  5. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan bidang perdagangan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepala bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan dengan lancar;
  3. Memantau, mangawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan serta memberikan penilaian prestasi kerja melalui DP3;
  4. Membuat konsep, mengoreksi, memaraf dan/atau menandatangani naskah dinas;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang dan tugasnya;
  6. Melaksanakan bimbingan teknis dan pelaksanaan pembinaan, pengembangan distribusi barang dan jasa, usaha dan sarana perdagangan, dan pendaftaran perusahaan, tentang bimbingan kemetrologian dan perlindungan konsumen;
  7. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas bidang perdagangan dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  8. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

2. SEKSI PENYALURAN, PROMOSI DAN EKSPOR DAERAH
TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Melakukan analisa dan penyusunan penyaluran, promosi dan ekspor daerah.

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Penyaluran, Promosi dan Ekspor Daerah sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan dengan lancar;
  3. Memantau, mangawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang yang telah dan belum dilaksanakan serta memberikan penilaian kerja melalui DP3;
  4. Membuat konsep, mengoreksi, dan memaraf naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Membuat laporan perkembangan ekspor dan impor daerah;
  7. Menyusun laporan perkembangan penyaluran barang strategis (bersubsidi) dari pemerintah;
  8. Menyusun laporan perkembangan harga bahan pokok dan bahan penting lainnya;
  9. Melakukan bimbingan pengembangan usaha di bidang peningkatan ekspor daerah;
  10. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Penyaluran, Promosi dan Ekspor Daerah dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

3. SEKSI PENGEMBANGAN SARANA PERDAGANGAN DAN PENDAFTARAN PERUSAHAAN
TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Mengumpulkan data sarana perdagangan, penyusunan pedoman sebagai petunjuk teknis pendaftaran perusahaan, membuat buku daftar perusahaan serta pelaporan.

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi pengembangan sarana perdagangan dan pendaftaran perusahaan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Memantau, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan serta memberikan penilaian prestasi kerja melalui DP3;
  4. Membuat konsep, mengoreksi dan memaraf naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Melakukan pembinaan teknis tentang pengembangan sarana perdagangan dan pendaftaran perusahaan;
  7. Menyiapkan dan memberi petunjuk pelaksanaan pengembangan sarana perdagangan dan pendaftaran perusahaan;
  8. Melakukan pembinaan teknis kerjasama dengan instansi terkait untuk pengembangan sarana perdagangan dan pendaftaran perusahaan;
  9. Menyiapkan bahan penyusunan pelaksanaan pedoman standarisasi pengembangan sarana perdagangan dan pendaftaran perusahaan;
  10. Menyiapkan bahan penusunan pelaksanaan pedoman peningkatan koperasi, koperasi berprestasi dan tokoh koperasi;
  11. Menyusun pedoman petunjuk teknis pendaftaran perusahaan dan membuat buku daftar perusahaan serta melaporkan secara berkala;
  12. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Pengembangan Sarana Perdagangan dan Pendaftaran Perusahaan dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  13. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

4. SEKSI METROLOGI DAN PERLINDUNGAN KONSUMEN
TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Melakukan pembinaan, koordinasi, monitoring dan evaluasi metrologi dan perlindungan konsumen.

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Metrologi dan Perlindungan Konsumen sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Memantau, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan serta memberikan penilaian prestasi kerja melalui DP3;
  4. Membuat konsep, mengoreksi dan memaraf naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Menghimpun dan memahami peraturan dan ketentuan lainnya yang diperlukan untuk menunjang pelaksanaan tugas;
  7. Melakukan pembinaan dalam rangka pelaksanaan pengawasan metrologi dan perlindungan konsumen di kabupaten;
  8. Menyelenggarakan tera/tera ulang, alat ukur, takar, timbangan dan perlengkapannya;
  9. Mengumpulkan data perusahaan yang memiliki alat UTTP;
  10. Melakukan prioritas pengawasan terhadap barang dan jasa yang beredar di pasaran dan terhadap barang atau jasa yang diawasi peredarannya serta terhadap barang yang telah kadaluarsa;
  11. Melakukan pembinaan dan pemberdayaan kepada petugas kemetrologian dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Kemetrologian dalam rangka pelaksanaan tugas;
  12. Melakukan penegakan dan penindakan hukum terhadap pelanggaran Undang-undang Metrologi Legal;
  13. Melakukan pengawasan dan pengembangan sumber daya manusia metrologi;
  14. Menghimpun dan memahami peraturan dan ketentuan lainnya yang diperlukan untuk menunjang pelaksanaan tugas;
  15. Melakukan pembinaan penyelenggaraan perlindungan konsumen;
  16. Memberikan pelayanan dan penanganan penyelesaian sengketa konsumen;
  17. Melakukan penyelenggaraan pembinaan dan pemberdayaan motivator perlindungan konsumen, lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat, petugas pengawas barang dan jasa serta Penyidik Pegawai Negeri Sipil Perlindungan Konsumen skala kabupaten;
  18. Melakukan penyelenggaraan sosialisasi dan publikasi tentang perlindungan konsumen;
  19. Melakukan koordinasi pembentukan lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat dan badan penyelesaian sengketa konsumen di kabupaten;
  20. Melakukan penyelenggaraan pembinaan dan pengawasan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan perlindungan konsumen;
  21. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Metrologi dan Perlindungan Konsumen dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  22. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

BIDANG INDUSTRI

1. KEPALA BIDANG INDUSTRI

TUGAS POKOK
Perencanaan dan pengawasan, menyiapkan bahan, penyusunan pedoman dan petunjuk teknis bidang sarana usaha industri,bimbingan produksi dan pengawasan industri.

FUNGSI

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang industri meliputi bidang sarana usaha industri, bimbingan produksi dan pengawasan industri;
  2. Penyelengaraan pelayanan umum dibidang industri meliputi bidang sarana usaha industri, bimbingan produksi dan pengawasan industri;
  3. Pembinaan dan penyelengaraan tugas di bidang industri, bimbingan produksi dan pengawasan industri;
  4. Penyelengaraan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan Bidang Industri sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepala bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan dengan lancar;
  3. Memantau, mangawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan serta memberikan penilaian prestasi kerja melalui DP3;
  4. Membuat konsep, mengoreksi, memaraf dan/atau menandatangani naskah dinas;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang dan tugasnya;
  6. Menerbitkan rekomendasi Tanda Daftar Industri (TDI) dan Izin Usaha Industri (IUI), skala investasi sampai dengan 10 Milyar;
  7. Membuat berita acara pemeriksaan dalam rangka penerbitan TDI dan IUI;
  8. Menerbitkan izin usaha kawasan industri/industri lokal;
  9. Membantu penyusunan tata ruang kabupaten pada sektor industri;
  10. Menetapkan bidang industri prioritas dan pemberian fasilitas usaha dalam rangka pengembangan UKM;
  11. Memberikan perlindungan kapasitas usaha terhadap kegiatan industri;
  12. Melakukan promosi produk industri melalui pameran;
  13. Melakukan pengembangan dan penerapan teknologi di bidang industri serta fasilitasi pemanfaatan hasil penelitian pengembangan dan penerapan teknologi di bidang industri;
  14. Memfasilitasi akses permodalan bagi industri melalui bank dan lembaga keuangan bukan bank serta BUMN;
  15. Melakukan pengawan pembinaan industri dalam rangka pencegahan pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh industri;
  16. Melakukan fasilitasi kerjasama pengembangan industri melalui pola kemitraan antara industri kecil, menengah, dan besar serta ekonomi lainnya;
  17. Melakukan pembentukan dan pembinaan asosiasi-asosiasi industri;
  18. Mengumpulkan, analisis dan desiminasi data industri;
  19. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas bidang industri dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  20. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

2. SEKSI SARANA USAHA INDUSTRI
TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Melakukan pembinaan, koordinasi, monitoring dan evaluasi sarana usaha industri.

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Sarana Usaha Industri sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan dengan lancar;
  3. Memantau, mangawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang yang telah dan belum dilaksanakan serta memberikan penilaian kerja melalui DP3;
  4. Membuat konsep, mengoreksi, dan memaraf naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang dan tugasnya;
  6. Membuat berita acara pemeriksaan perusahaan;
  7. Menerbitkan rekomendasi tanda daftar industri (TDI) dan Izin Usaha Industri (IUI);
  8. Mengkoordinasikan pemberian rekomendasi Izin Usaha Industri;
  9. Membantu penyusunan tata ruang kabupaten pada sektor industri;
  10. Memfasilitasi kerjasama pengembangan industri dengan pola kemitraan antara industri kecil, menengah dan besar;
  11. Memfasilitasi pembentukan dan pembinaan asosiasi-asosiasi lainnya;
  12. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas seksi sarana usaha industri dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  13. Melakukan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

3. SEKSI BIMBINGAN PRODUKSI
TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Melakukan pembinaan, koordinasi, monitoring dan evaluasi bimbingan produksi.

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Bimbingan Produksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan dengan lancar;
  3. Memantau, mangawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang yang telah dan belum dilaksanakan serta memberikan penilaian kerja melalui DP3;
  4. Membuat konsep, mengoreksi, dan memaraf naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang dan tugasnya;
  6. Memberikan perlindungan kapasitas usaha terhadap kegiatan industri;
  7. Melakukan promosi produk industri melalui pameran;
  8. Mengembangkan dan penerapan teknologi di bidang industri serta fasilitasi penerapan hasil penelitian pengembangan dan penerapan teknologi di bidang industri;
  9. Memfasilitasi dan penerapan terhadap standarisasi serta kerjasama di bidang industri dengan instansi terkait;
  10. Melaksanakan bimbingan teknis SDM dan aparatur pembina industri;
  11. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas bimbingan produksi dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

4. SEKSI PENGAWASAN INDUSTRI
TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Melakukan pembinaan, koordinasi, monitoring dan evaluasi pengawasan industri.

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pengawasan Industri sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas-tugas tertentu dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Memantau, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan serta memberikan penilaian prestasi kerja melalui DP3;
  4. Membuat konsep, mengoreksi dan memaraf naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Melakukan pengawasan usaha industri dan bimbingan produksi;
  7. Menyiapkan bahan pemberian rekomendasi teknik pemanfaatan bidang pengawasan industri;
  8. Melakukan pendataan dan identifikasi pengawasan usaha industri dan bimbingan produksi;
  9. Memberikan petunjuk teknis pengawasan usaha industri dan bimbingan produksi;
  10. Melakukan pengawasan industri dalam rangka pencegahan pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh kegiatan industri;
  11. Melakukan pengumpulan, analisis dan desiminasi data industri yang bermasalah;
  12. Memfasilitasi akses permodalan bagi industri melalui bank dan lembaga bukan bank serta BUMN;
  13. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Pengawasan Industri dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  14. Melakukan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Melaksanakan kegiatan teknis dan administrasi sesuai bidang keterampilan dan keahlian masing-masing sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Melakukan penyuluhan di Bidang Industi dan Perdagangan yang dirinci ke dalam tugas-tugas berikut:

  1. Melakukan penyuluhan usaha Indag. Dilakukan dengan kunjungan tatap muka baik secara kelompok maupun individual kepada usaha Indag Rumah Tangga, Kecil dan Menengah, serta melakukan kegiatan temu lapangan, temu wicara dan temu bisnis.
  2. Melakukan bimbingan usaha Indag. Membimbing dunia usaha dalam hal penyusunan proposal pengembangan usaha, penyusunan studi kelayakan / business plan, penerapan sistem manajemen mutu dan manajemen lingkungan serta penyusunan kerangka dan dokumen AMDAL.
  3. Menumbuhkan usaha Indag. Dilakukan dengan membentuk wirausaha baru, menyusun profil komoditi dan profil investasi; mencari peluang pasar dan melakukan kegiatan negosiasi bisnis.
  4. Pembinaan Usaha Indag. Melakukan pengawasan barang dan jasa yang beredar serta desiminasi peraturan dan hasil pengawasan.
  5. Mengembangkan Usaha Indag. Membentuk institusi Usaha Indag sebagai wadah pengembangan usahanya dan berperan aktif dalam pameran dalam rangka promosi dagang.

UPTD KCD KOPERINDAG

1. KEPALA UPTD KCD KOPERINDAG
TUGAS POKOK
Memimpin, menyusun kebijaksanaan, mengkoordinasikan dan mengawasi pelaksanaan tugas kemetrologian sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

FUNGSI

  1. Pengkoordinasian Pelaksanaan Kegiatan;
  2. Pengelolaan Urusan Umum dan Administrasi Kepegawaian;
  3. Pengelolaan Keuangan
  4. Penyelenggaraan, Pengawasan dan Penyuluhan di bidang Koperindag;
  5. Pengelolaan, pembinaan, tatalaksana Koperindag, dan;
  6. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan UPTD sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan;
  4. Membuat konsep, mengoreksi, memaraf dan/atau menandatangani naskah dinas untuk menghindari kesalahan;
  5. Mengikuti rapat-rapat sesuai dengan tugasnya;
  6. Menyusun rencana kegiatan UPTD Koperindag sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh Bupati;
  7. Men Maros.laksanakan urusan ketatausahaan UPTD Koperindag Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Maros;
  8. Melaksanakan pembinaan, pelatihan, bimbingan / konsultasi serta analisis pengujian keahlian tenaga tera dan tera;
  9. Mengarahkan pelaksanaan kegiatan diakreditasi dan standarisasi ulang sertifikasi dan uji keterampilan petugas metrologi;
  10. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan secara periodik;
  11. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas UPTD dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan sesuai dengan bidang tugasnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

2. SUB BAGIAN TATA USAHA

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Mempunyai tugas pokok melakukan administrasi ketatausahaan, koordinasi dan pengendalian, monitoring dan evaluasi dan pengukuran kinerja lingkup UPTD Koperindag serta penyusunan laporan.

URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Menyusun rencana kegiatan sekretariat dan mendistribusikan serta mengevaluasi pelaksanaan tugas kepada bawahan;
  2. Melaksanakan urusan administrasi kepegawaian, organisasi dan tatalaksana;
  3. Melaksanakan urusan administrasi umum dan rumah tangga;
  4. Melaksanakan urusan penyusunan laporan UPTD Koperindag;
  5. Melaksanakan penatausahaan keuangan;
  6. Melaksanakan urusan dokumentasi perkantoran;
  7. Menyusun laporan perkembangan kinerja UPTD Koperindag;
  8. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;